Senin, 08 Maret 2010

MOSH MOSH MOSH!!

moshinng adalah sebutan untuk tarian yang biasa kita liat di sebuah acara musik keras, sebuah gerakan tak beraturan namun menyenangkan. bagi mereka yang ga tau apa itu moshing mungkin mengira lagi ada tawuran.. hahahaha… moshing itu sendiri identik dengan musik-musik keras. mereka para penikmat musik keras atau musik-musik underground mengekspresikan musik tersebut dengan sebuah tarian reflek seperti body slamming, headbanging, dan crowdsurfing yang dilancarkan secara agresif. ya begitulah cara mereka mengekspresikannya. mungkin karna musik underground memang musik yang memacu adrenalin

Moshing yang juga biasa disebut dengan slam dancing yang sempat booming pada tahun 1970-an, dimana musik punk masih memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan tidak dapat tergeserkan oleh apa pun pada saat tersebut, selain itu hardcore punk menyebut tarian ini dengan sebutan ‘pogo’. Pada saat ini, istilah moshing juga mulai melebar lagi hingga meliputi tarian ‘skanking’ dan ‘trash’.

berikut sedikit penjelasan tentang macam-macam moshing:

POGO DANCE
Pogo merupakan gerakan melompat ke atas dan ke bawah, sambil tetap di lokasi yang sama. Pogo dance sering dilakukan oleh pemain dan penonton pada pertunjukan punk rock. Pogo Mob adalah sebuta untuk sekelompok orang yang melakukan pogo dance pada gigs punk. Ini adalah cikal bakal dari "mosh pit".

STAGE DIVING
Stage diving adalah melompat dari panggung ke kerumunan crowd. Jika crowd padat biasanya orang yang melakukan stage diving akan tertahan oleh orang yang dibawahnya dan malakukan CROWD SURFING (bergerak diatas dari orang ke orang). Walaupun terlihat konfrontatif dan Ekstrim, stage diving sering dilakukan di setiap acara hardcore punk.


HEADBANGING
Gerakan menghentakkan kepala keatas dan kebawah yang mengikuti tempo dan ritme musik. Biasanya headbanging dilakukan pada musik rock dan heavy metal.

SKANKING DANCE
Skanking terdiri dari gerakan kaki mengikuti irama musik dengan posisi badan membungkuk sambil mengayunkan siku kiri dan kanan. Skanking sering dipraktekkan dalam musik ska, ska punk, hardcore punk, reggae, grime, dub, dubstep dan musik lainnya.

CIRCLE PIT
Crowd yang bergerak berlarian membentuk lingkaran biasanya berlawanan arah jarum jam. Dapat juga dilakukan dengan gerakan Skank dance. Circle pit dimulai oleh beberapa orang sebagai tanggapan terhadap kecepatan musik dan irama. Gerakan ini konon di ambil dari semangat ritual suku indian dikala memanggil hujan.


HEAD WALK / STEP A HEAD
Berlari dari panggung lalu melompat dan mencari pijakan untuk melangkah dari kepala satu ke kepala berikutnya.


WALL OF DEATH
Sebelum musik dimulai crowd terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kanan dan kiri dengan batas jarak beberapa meter yang dikosongkan. Dan begitu musik mulai dimainkan, crowd yang terpisah akan langsung berlari dengan kecepatan yang tinggi ke tengah-tengah dan saling menyatu dengan crowd yang lainnya. Gerakan ini di artikan tentang simulasi bentrok antara demonstran dan aparat keamanan yang saling menyerang di tengah aksi demonstrasi.


HARDCORE DANCE:

  • 2-Step
Yaitu gerakan menggerakan kaki kebelakang-kedepan secara menyilang dan mengayunkan tangan seirama dengan musik, seperti skanking dance.

  • BACKWARD KICKS / SPIN KICKS
Gerakan menendang sambil berputar gerakan ini pun di kenal juga dengan sebutan KUNGFU DANCE.

  • PICKING UP CHANGE
membungkukan badan dan gerakan tangan seperti mencabut rumput.

  • PUNCHING THE MIDGET
Membungkukan badan seperti picking up change, namun gerakan tangannya seperti memukul kebawah secara bergantian

  • WINDMILL
Mengayunkan kedua tangan secara bergantian kearah belakang.

  • AIR PUNCHS dan POINTING FINGER
Mengepalkan tangan keatas seperti memukul dan menunjuk biasanya pada saat sing a long.




(SKANKING DANCE)


(HEADBANGING)


(STAGE DIVING)


(CIRCLE PIT)


MOSHING (vidio)






SKANKING DANCE (vidio)




STAGE DIVING (vidio)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar